Peran Dosen Membentuk Karakter Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Hukum Hindu Sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat

Ida Ayu Aryani Kemenuh

Sari


Dosen memiliki peran penting dalam mencerdaskan generasi bangsa. Dosen mentransformasikan ilmu pengetahuan melalui kemajuan teknologi dalam membentuk karakter mahasiswa. Mahasiswa berhak mendapatkan pendidikan untuk membentuk karakter mahasiswa. Pembentukan karakter mahasiswa pada mata kuliah Hukum Hindu menjadikan mahasiswa taat pada peraturan yang berlaku. Karakter mahasiswa dibentuk dengan berdasarkan pada ajaran dharma (kebenaran). Dharma (kebenaran) diajarakan dalam mata kuliah Hukum Hindu sebagai dasar dalam berpikir, berkata, dan melakukan perbuatan yang baik. Mengarahkan mahasiswa untuk selalu berbuat kebaikan. Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat diharapkan dapat menjadi contoh baik agar taat dengan hukum. Dengan demikian sangat penting dilakukan pembahasan mengenai : 1) peran dosen dalam membentuk karakter mahasiswa, 2) pembentukan karakter mahasiswa dalam mata kuliah Hukum Hindu sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat, 3) upaya dosen membentuk karakter mahasiswa dalam mata kuliah Hukum Hindu sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat.

Kata Kunci : Peran Dosen, Membentuk Karakter Mahasiswa, Mata Kuliah Hukum Hindu, Pengabdian kepada Masyarakat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : ANDI.

Dewi, Nuning Nurna. 2019. Kiat-Kiat Merangsang Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Edisi Revisi. Surabaya : Scopindo Media Pustaka.

Ismail, Muhammad Ilyas. 2020. Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Depok : Rajawali Pers.

Kajeng, I Nyoman, dkk. 1999. S?rasamuccaya. Surabaya : Paramita Surabaya.

Lestawi, I Nengah. 2015. Hukum Hindu Serta Perkembangannya. Surabaya : Paramita Surabaya.

Pudja, G. dan Sudharta, Tjokorda Rai. 1995. Manawa Dharmaastra (Manu Dharma Sastra). Badung : Pemerintah Daerah Tingkat II Badung.

Subagia, I Nyoman. 2021. Pendidikan Karakter: Pola, Peran, Implikasi dalam Pembinaan Remaja Hindu. Badung : Nilacakra.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wijoyo, Hadion, dkk. 2021. Dosen Inovatif Era New Normal. Solok : Insan Cendekia Mandiri.

Zakaria, Sharifah Akmam Syed. 2005. Panduan Dan Strategi Motivasi Diri. Cheras : Utusan Publications & Distributors Sdn Bhn.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.