BLENDED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL

I Ketut Widiara

Sari


Blended learning is a learning strategy that aims to achieve goals by combining classroombased
learning / face to face with technology-based learning and information that is done online.
So far, the popular learning strategy in Indonesia is traditional class based learning (classical)
by using lecture method. The addition of the right learning innovation will result in the selfreliance
and self-confidence of students who have tried to explore and explore not only the teachers.
This assumption is what leads blended learning to be an option without learning not enough just
by face to face.


Keywords: Blended Learning, Learning, Learning Strategy


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anik, dkk. 2010. Pengaruh Model

Pembelajaran Kuantum dan Seting

Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Sains

Siswa Kelas V SD. Singaraja: Tidak

diterbitkan.

Dwiyogo, Wasis D. 2013. Pembelajaran

Berbasis Blanded Learning. Tersedia

pada:http://www.id.m.wikibooks.org/wiki/

Pembelajaran_Berbasis_Blended_Learning.

Diakses pada Minggu, 20 Mei 2018.

Harel Caperton, I. 2012. Learning toMake

Games for Impact. The journal pf Media

Literacy, 59(1), 2838.

Kirna, I Made. 2013. Penerapan Strategi

Problem Posing Yang Disampaikan

Secara Blended Learning Pada

Perkuliahan Chemical Bonding. Seminar

Nasional FMIPA UNDIKSHA III Tahun

Ratna Sari, Annisa. 2013. Strategi Blended

Learning Untuk Peningkatan Kemandirian

Belajar Dan Kemampuan Critical

Thinking Mahasiswa Di Era Digital. Jurnal

Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XI,

No. 2, Tahun 2013.

———. 2014. Peningkatan Prestasi Belajar

Dan Kemampuan Group-Work Melalui

Kombinasi Pembelajaran Peer Learning

Dan Blended Learning. Jurnal Pendidikan

Akuntansi Indonesia, Vol. XII, No. 1,

Tahun 2014

Sandi, Gede. 2012. Pengaruh Blended

Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia

Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal

Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45,

Nomor 3, Oktober 2012.

Staker, H., Horn, M.B. 2012 Classifying K-12

Blended Learning. Innosight Institute.

Suastika, I Nengah. 2015. Perspektif Global:

Implikasi Globalisasi dalam Dunia

Pendidikan. Disampaikan pada

perkuliahan Perspektif Global Jurusan

Pendidikan Dasar Program Pascasarjana

Universitas Pendidikan Ganesha pada

Minggu, 20 Desember 2015.

Susila Darma, I Putu. 2015. ICT: Suplemen

Untuk Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran Dan Computer Literacy.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


The Purwadita Journal is currently indexed by:
IndeksIndeksIndeks




Creative Commons License

Purwadita Journal is under license Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats