Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar

Kadek Hengki Primayana

Sari


Kehidupan manusia di abad 21 dicirikan dengan cepatnya arus perubahan zaman yang ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin hari semakin bertambah canggih menyesuaikan mobilitas dan kebutuhan manusia. Keterampilan berpikir yang perlu dikembangkan oleh peserta didik dibagi menjadi dua macam yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking) dan keterampilan berpikir tingkat rendah (lower order thinking). Melalui informasi yang sudah tersimpan di dalam ingatannya dan menghubung-hubungkannya dan/atau menata ulang serta mengembangkan informasi tersebut untuk mencapai suatu tujuan ataupun menemukan suatu penyelesaian dari suatu keadaan yang sulit dipecahkan. Ciri utama berpikir tingkat tinggi adalah mampu berpikir kritis dan mampu berpikir kreatif. Model pembelajaran yang dapat diterapkan yang sejalan dengan HOTS yakni Problem solving merupakan pemusatan pada keterampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Problem solving merupakan suatu keterampilan yang meliputi keterampilan untuk mencari informasi, menganalisis situasi, dan mengidentifikasi masalah dengan tujuan untuk menghasilkan alternatif sehingga dapat mengambil suatu tindakan keputusan untuk mencapai sasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Carlan, V.G., Rubin, S., & Morgan, B.M. 2005. Cooperative Learning, Mathematical Problem Solving and Latinos. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 6 (30): 47 – 56 .

Demitra. 2004. Pengaruh Pendekatan Pengajaran dan Tipe Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah III dan Well Defined. Disertasi tidak diterbitkan. PPs Universitas Negeri Malang.

Depkinas. 2006a. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 Mata Pelajaran Matematika. Jakarta, Depdiknas.

Depdiknas. 2006b. PP No. 22 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan PP No.23 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Handal B., & Bobis, J. 2003. Instructional Styles in the Teaching of Mathematics Thematically. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 10 (2): 181 - 187

Krulik, S., & Rudnick, J.A., The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Junior High School. Boston, Allyn and Bacon.

Mayer,R.E. 2003. Learning and Instruction. Columbus: Pearson Education, Inc. Muslimin, I., dkk. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya, Unesa University Press




DOI: https://doi.org/10.55115/purwadita.v3i2.367

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya
ISSN 2621-1017 (Online) 2549-7928 (Printed)
Published by Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
W : http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita
E : hengkiprimayana@stahnmpukuturan.ac.id


 

View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.