STUDI PENINGKATAN KESIAPAN GURU PAUD TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (META–ANALISIS)

I Ketut Ngurah Ardiawan

Sari


STUDI PENINGKATAN KESIAPAN GURU PAUD

TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

(META–ANALISIS)

 

 I Ketut Ngurah Ardiawan

STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

ngurahardiawan90@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini terdiri dari pengumpulan informasi dari literatur dan penelitian tentang kesiapan guru PAUD terhadap implementasi kurikulum 2013. Metode ini disebut "Meta-Analysis". Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah serangkaian teknik analisis kuantitatif yang memungkinkan sintesis berbagai penelitian dalam satu topik. Berdasarkan temuan di atas, beberapa kebijakan alternatif dapat diberikan sebagai berikut: optimalisasi kurikulum pendidikan dan pelatihan (pelatihan) 2013, sosialisasi berkelanjutan dengan menyediakan tutor dan fasilitas profesional, mengoptimalkan lokakarya / lokakarya / peningkatan kurikulum 2013, melakukan pemecahan masalah dan mandiri evaluasi (Evaluasi Diri) mengenai proses pembelajaran kurikulum 2013, mengoptimalkan peran kepala sekolah dan pengawas dalam meninjau kurikulum, memfasilitasi pengayaan / kontekstualisasi pengembangan kurikulum 2013 dan memperkuat implementasi kurikulum 2013 berdasarkan kearifan lokal , memperkuat substansi sistem pembelajaran dalam kurikulum 2013, memperkuat sistem penilaian hasil pembelajaran oleh pendidik pada kurikulum 2013. Dengan demikian, kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dapat dirancang dan diimplementasikan sesuai dengan rencana, pedoman dan tuntutan dalam proses standar.

Kata kunci: kurikulum 2013, kearifan lokal, kesiapan guru

 

ABSTRACT

This research consists of compiling information from the literature and research on the readiness of PAUD teachers towards the implementation of the 2013 curriculum. This method is called "Meta-Analysis". The analysis used in this study is a series of quantitative analysis techniques that enable the synthesis of various studies in one topic. Based on the above findings, several alternative policies can be given as follows:optimization of education and training (training) 2013 curriculum, ongoing socialization by providing professional tutors and facilities, optimizing workshops/workshops/upgrading curriculum 2013, conducting problem solving and self-evaluation (Self Evaluation) regarding the learning process of the 2013 curriculum, optimizing the role of school principals and supervisors in reviewing the curriculum, facilitating enrichment/contextualization of the development of the 2013 curriculum and strengthening the implementation of the 2013 curriculum based on local wisdom, strengthening the substance of the learning system in the 2013 curriculum, strengthening the learning outcomes assessment system by educators on the 2013 curriculum. Thus, the readiness of teachers in implementing the 2013 curriculum can be designed and implemented in accordance with plans, guidelines and demands in the standard process.

Keywords: curriculum 2013, local wisdom, teacher readiness


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i1.580

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##




Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN 2746-0819 (Online) 2721-5075 (Printed)
Published by Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
W : http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD
E : jurnalwidyakumara@gmail.com


View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.