PENANAMAN NILAI MORAL DAN ETIKA PADA ANAK USIA DINI MELALUI KONSEP SORGA NERAKA

IG. Agung Jaya Suryawan

Sari


PENANAMAN NILAI MORAL DAN ETIKA PADA ANAK USIA DINI MELALUI KONSEP SORGA NERAKA

 

 

IG. Agung Jaya Suryawan

STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Jayasuryawan1@gmail.com

 

 

ABSTRAK

Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat rentan, di mana masa ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Ketika anak-anak berada di usia dini, orang tua harus mendidik dan mengajarkan nilai-nilai moral dan etika kepada anak-anak untuk membantu mendukung kehidupan anak-anak di masa depan. Begitu banyak hal yang harus diajarkan oleh orang tua kepada anak-anak mereka seperti mengajarkan pendidikan moral dan etika.

Perilaku doktrinal akan terukir jika ditanamkan lebih awal. Setiap anak akan selalu berusaha untuk berbuat baik dan akan takut untuk melakukan yang buruk. Peran semua elemen sangat mempengaruhi keberhasilan penanaman konsep surga dan neraka untuk berhasil menanamkan nilai-nilai moral dan etika untuk anak usia dini. Ini tidak terlepas dari konsep hukuman dan ganjaran, siapa pun yang berbuat baik akan mendapat ganjaran dan siapa yang berbuat jahat akan menerima hukuman.

Kata kunci: Moral dan etika, surga neraka

 

ABSTRACT

Childhood is a time that is very vulnerable, where this time is very influential on the growth and development of a child. When children are at an early age, parents must educate and teach moral and ethical values to children to help support the lives of children in the future. So many things that must be taught by parents to their children such as teaching moral and ethical education.

Doctrinal behavior will be etched if implanted early. Every child will always try to do good and will be afraid to do bad. The role of all elements greatly influences the success of planting the concepts of heaven and hell in order to successfully plant moral and ethical values for early childhood. This is inseparable from the concept of punishment and reward, whoever does good will get a reward and who does bad will receive punishment.

Keywords: Moral and ethics, heaven hell


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i1.567

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##




Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN 2746-0819 (Online) 2721-5075 (Printed)
Published by Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
W : http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD
E : jurnalwidyakumara@gmail.com


View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.